Persempit Peredaran Narkoba, BAANAR Palengaan Sosialisasi Kepada Santri

3 tahun ago admin 0

PAMEKASAN — Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR) Palengaan menggelar sosialisasi bahaya Narkona kepada ratusan santri Pon. Pes. Miftahul Ulum Sekar Anyar Rombuh, Palengaan, Sabtu (21/04/2018) pagi.

Abd. Rofiq menyampaikan bahwa acara itu, merupakan langkah untuk mempersempit peredaran Narkoba dan mengantisipasi masuknya barang haram tersebut ke pesantren-pesantren, “Pelengaan ini adalah kecamatan dengan jumlah pesantren terbanyak, dan BAANAR tidak mau Narkoba masuk ke pesantren-pesantren itu” ucap Kepala BAANAR Palengaan itu.

Selain sosialisasi, BAANAR juga menobatkan 6 orang Duta Santri Anti Narkoba. Santri-santri tersebut, tutur Rofiq, diharapkan dapat menjadi kepanjangan tangan BAANAR dalam upaya menanggulangi bahaya Narkoba.

Menurut alumnus Universitas Madura (Unira) itu santri sudah memiliki dasar keagamaan yang kuat, tinggal memberikan pengetahuan tentang Narkoba. “Jika dasar agama sudah kuat, pengetahuan tentang Narkoba juga ada, ini bisa menjadi benteng penyalahgunaan Narkoba yang luar biasa,” lanjutnya.

Mantan aktivis PMII Pamekasan itu melanjutkan, di kecamatan Palengaan ada 28 pesantren afilian NU. Pesantren-pesantren itu akan menjadi target selanjutnya untuk sosialisasi bahaya Narkoba.

Acara yang dimulai jam 08:00 itu dihadiri oleh Kepala BAANAR dan Ketua PC GP Ansor Pamekasan serta jajaran pengurus PAC GP Ansor Palengaan dari unsur BAANAR dan Banser, Kepala Puskemas, dan perwakilan Koramil setempat. Untuk memberikan sosialisasi, panitia mempercayakan kepada Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Pamekasan.


Reporter: Abror
Editor: Ahnu