Santri Panyeppen Gelar Upacara Kemerdekaan Ala Istana

4 tahun ago admin 0

PAMEKASAN – Ribuan santri PP. Miftahul Ulum Panyeppen, Potoan Laok, Palengaan, Pamekasan, Jawa Timur mengikuti upacara kemerdekaan RI ke-72, Kamis (17/08/2017) pagi di Halaman Utama SMP Terpadu Al-Miftah PP. Miftahul Panyeppen.

Nuansa istana sangat terasa dalam pelaksanaan upacara tersebut. Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang diawali dengan dentuman meriam sebanyak 17 kali dan sirine layaknya upacara di Istana Negara.

Tidak hanya itu, formasi Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) juga tak ubahnya PASKIBRA upacara kemerdekaan di Istana Presiden RI.

Dengan mengenakan baju koko dan peci putih serta sarung warna hijau, seragam resmi santri Panyeppen, mereka mengikuti setiap rangkaian upacara dengan sangat khidmat meski cuaca sangat panas.

Bertindak sebagai Pembina dalam acara yang diikuti oleh seluruh santri itu, KH. Muhdlar Andullah selaku Ketua Yayasan Al-Miftah.

Dalam amanahnya, Wakil Bendahara PCNU Pamekasan tersebut mengajak seluruh santri untuk senantiasa memupuk jiwa patriotisme dan nasionalisme. Menurutnya, kaum santri atau yang biasa disebut kaum sarungan memiliki peran penting dalam merebut kemerdekaan RI dari tangan penjajah.

Di waktu yang sama, santri putri pesantren yang diasuh oleh KH. Muddatstsir Badruddin, Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur, itu juga menggelar upacara kemerdekan RI ke-72.


Reporter: Ahnu
Editor: Hassan Al-Mandury